Memahami Efek Samping Atorvastatin dan Cara Mengatasinya

Atorvastatin adalah obat untuk menurunkan kadar lemak jahat dan kolesterol dalam tubuh serta termasuk golongan obat statin di mana golongan obat ini memiliki cara kerja dengan menghambat produksi kolesterol di hati. Obat ini nantinya akan mengurangi kadar kolesterol total, kolesterol jahat, dan trigliserida. Selain menurunkan kolesterol jahat, jenis obat ini juga bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Namun agar hasil obat dapat bekerja dengan baik, mereka yang memiliki kolesterol tinggi masih harus menjalankan gaya hidup yang sehat misalnya seperti melakukan olahraga yang teratur, menjaga pola makan sahat, dan menjaga berat badan ideal terutama yang mengalami obesitas. Dengan menjalankan pola hidup sehat akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh termasuk menjaga kesehatan jantung dan menghindari risiko stroke.

Memahami Efek Samping Atorvastatin dan Cara Mengatasinya


Efek Samping Obat Atorvastatin

Atorvastatin memang dapat menurunkan kolesterol tinggi namun obat ini dapat menghasilkan efek samping sehingga tidak boleh diminum sembarangan dan harus berdasarkan anjuran dokter. Namun jika Anda mengalami beberapa efek samping ini dan tidak segera membaik setelah melakukan penanganan sendiri di rumah, segera periksakan diri ke dokter. Kemungkinan efek samping penggunaan atorvastatin meliputi:

1.       Sakit tenggorokan

Apabila mengalami sakit tenggorokan setelah mengonsumsi obat tersebut, cobalah dengan berkumur dengan air garam hangat dan minum parasetamol atau ibuprofen untuk meredakan nyeri. Apabila gejala ini bertahan selama lebih dari seminggu, konsultasikan dengan apoteker atau dokter.

2.       Mengalami gangguan pencernaan

Apabila mengalami gangguan pencernaan seperti mual, sebaiknya hindari konsumsi makan makanan pedas dan konsumsi obat atorvastatin setelah makan untuk menghindari efek samping ini. Apabila Anda masih mengalami gejala gangguan pencernaan, silakan berkonsultasi dengan apoteker Anda untuk rekomendasi antasid. Jika gejala berlanjut selama lebih dari beberapa hari atau memburuk, hubungi dokter Anda.

3.       Diare

Untuk mengatasi efek samping diare, pastikan untuk memenuhi kebutuhan air agar menghindari risiko dehidrasi. Dehidrasi biasanya ditandai dengan penurunan frekuensi jumlah urin, urin berwarna gelap dan berbau menyengat.

Minum banyak air untuk menghindari dehidrasi atau kekurangan air. Dehidrasi ditandai dengan penurunan frekuensi dan jumlah urine atau urine berwarna hitam, serta urine menjadi hitam dan berbau menyengat.

4.       Mimisan

Jika mengalami mimisan, cobalah untuk mengusap Vaseline dengan lembut di tepi bagian dalam hidung.

5.       Nyeri atau nyeri di punggung dan persendian

Apabila mengalami rasa nyeri yang tidak normal secara tiba-tiba dan bukan disebabkan oleh olahraga atau kerja keras apalagi setelah mengonsumsi obat ini maka sebaiknya konsultasikan diri ke dokter. Anda mungkin akan dilakukan pemeriksaan darah atau bisa juga meminta apoteker untuk menyarankan obat pereda rasa sakit.

6.       Gejala pilek

Minum asetaminofen atau ibuprofen secara teratur selama beberapa hari. Jika gejala muncul kembali setelah menghentikan obat pereda nyeri, temui dokter.

7.       Sakit kepala

Pastikan Anda istirahat dengan baik dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Jangan minum alkoho dan merokok. Minta apoteker Anda untuk merekomendasikan obat pereda rasa sakit. Biasanya sakit kepala akan hilang seminggu setelah mengonsumsi atorvastatin namun jika masih berlanjut maka segera konsultasikan dengan dokter.


Setelah memahami efek samping obat atorvastatin, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Apabila Anda ingin mendapatkan informasi lengkap mengenai obat atorvastatin atau informasi obat lainnya, Anda bisa mengunjungi SehatQ.com dan masuk ke bagian direktori obat untuk mendapatkan berbagai informasi obat yang lebih lengkap.

Deskripsi : atorvastatin merupakan obat penurun kolesterol jahat dan kolesterol total namun memiliki efek samping yang harus diperhatikan.


Author:

Facebook Comment