Cara Menyimpan Es Krim agar Tidak Cepat Meleleh

Siapa yang tak suka es krim? Makanan dingin yang satu ini memang digemari oleh banyak orang. Bahkan, es krim bisa menjadi makanan penutup yang segar. Bagi Anda yang gemar menyantap es krim pasti sudah terbiasa membeli es krim dalam jumlah banyak untuk disimpan di kulkas. Namun, jika es krim masih tetap meleleh walau disimpan di kulkas, berarti cara penyimpanan es krim salah.

Di tulisan kali ini, kami akan membahas seputar cara menyimpan es krim agar tidak cepat meleleh. Sayang sekali kan kalau es krim haagen dazs yang baru dibeli justru meleleh saat akan dimakan. Yuk, simak tips dan cara menyimpan es krim yang benar berikut ini.

Cara Menyimpan Es Krim agar Tidak Cepat Meleleh

Cara Menyimpan Es Krim yang Benar

Simpan di Wadah Kedap Udara

Bagi Anda yang membeli es krim di dalam wadah plastik yang tutupnya rapat, maka Anda tak perlu khawatir es krim akan meleleh bila disimpan di dalam freezer. Namun, jika Anda mencoba untuk membuat es krim sendiri, tempatkan es krim tersebut dalam wadah yang tertutup rapat.

Lantas, bagaimana jika kita membeli es krim cup? Tak perlu khawatir, selama Anda belum membuka tutup es krim cup, maka es krim di dalamnya tetap beku asalkan Anda menyimpannya di dalam freezer.


Gunakan Wadah Datar dan Lebar untuk Menyimpan Es Krim Homemade

Ingin membuat es krim sendiri? Anda tak perlu bingung mencari cara menyimpan es krim homemade. Setelah membuat es krim, pindahkan adonan ke dalam wadah datar dan lebar. Mengapa harus di wadah yang datar dan lebar? Karena wadah jenis ini dapat menyebarkan udara dingin kulkas secara merata.

Seluruh bagian es krim akan tetap beku jika disimpan di dalam wadah lebar dan datar. Di samping itu, wadah plastik berbentuk datar dan lebar juga memudahkan kita saat hendak menyendok es krim di dalamnya.


Lapisi Permukaan Wadah dengan Plastic Wrap

Apakah itu artinya kita harus menyimpan es krim di dalam plastic wrap? Bukan menyimpan es krim di dalam plastic wrap, tetapi melapisi wadah permukaan wadah penyimpanan es krim dengan menggunakan plastic wrap. Manfaat dari plastic wrap ini untuk mencegah pembentukan kristal es yang membuat tekstur es krim yang lebih keras.

Tekstur es krim yang sempurna adalah lembut, tapi tidak cair. Jika es krim berubah menjadi mengeras, cita rasa dari es krim tersebut juga akan berubah. Usai melapisi permukaan wadah dengan plastic wrap, segera tutup wadah rapat-rapat menggunakan penutupnya.


Atur Suhu di dalam Freezer

Cara menyimpan es krim yang benar adalah meletakkannya di dalam freezer. Namun, Anda juga harus memperhatikan suhu di dalam freezer agar tekstur es krim tidak terlalu keras dan tidak cepat leleh. Suhu ideal untuk menyimpan es krim adalah -17 derajat celcius. Suhu ini dapat mencegah pembentukan kristal es di permukaan es krim dan menjaga agar tekstur es krim selalu lembut dan tidak terlalu keras.

Jangan menaikkan suhu agar es krim tidak mencair. Anda juga tidak diperkenankan untuk menurunkan suhu agar permukaan es krim terhindar dari kristal es yang menjadikan tekstur es krim semakin keras.


Simpan Es Krim di Bagian Belakang Freezer

Setiap lemari es pasti sudah dilengkapi dengan freezer. Semakin besar ukuran lemari es Anda, semakin luas freezer yang terdapat di dalamnya. Akan tetapi, untuk menjamin es krim tetap segar dan tidak meleleh, Anda harus meletakkan wadah penyimpanan es krim ini di bagian belakang freezer.

Suhu di bagian belakang freezer tergolong stabil. Berbeda dengan suhu di bagian depan freezer yang cenderung tidak stabil karena dekat dengan pintu lemari es yang sering dibuka-tutup. Sementara itu, dengan menyimpan es krim di bagian belakang freezer, kelembutan es krim tetap terjaga dan teksturnya pun tidak akan mengeras sehingga sulit dimakan.


Author:

Facebook Comment